Wednesday, May 2, 2018

Tapal Batas Sagusablog 1

Setelah berkutan cukup lama (+/- 20 hari) dengan Sagusablog dari tanggal 9 - 30 April 2018, akhirnya sampai juga diujung pelatiha Sagusablog (satu guru satu blog) di Kanal Pelatihan Maluku Belajar dibawah bendera Ikatan Guru Indonesia (IGI). 

Pelatihan dilaksanakan menggunakan Learning Management System (LMS) pada potal http://pelatihan.malukubelajar.com. Keseruan mengikuti pelatihan ini sejak awal sudah terasa. Kami (peserta) banyak yang masih awam mengenai blog-ngeblog. 

Pelatihan melalui beberapa tahapan, diantaranya :
  1. Persiapan (Login LMS), pada tahapan ini semua peserta melakukan login LMS melalui link yang dikirim ke email masing-masing peserta. Selanjutnya menyetel profile peserta. 
  2. Pree Test
  3. Membuat dan Mengelola Blog : 3.1 Membuat blog guru dengan engine bloger. 3.2. Mendisain template blog guru dengan template bawaan bloger. 3.3. Mendisain header blog guru. 3.4. Forum materi. 3.5. Mengumpulkan Tugas
  4. Menghias dan Mengelola Menu : terdapat 2 (dua) modul yang disajikan, selanjutnya kumpulkan tugas.
  5. Membuat Soal Online : terdapat 1 (satu) modul yang disajikan dan 1 (satu) tugas.
  6. Post Test : dilaksanakan secara online pada tanggal 1 Mei 2018 dan waktu pengerjaan yang diberikan hanya 40 menit.
  7. Menulis testimoni di malukubelajar.org : setelah menyelesaikan post test peserta harus menulis testimoni di malukubelajar.org . selesai 

Saat ini kami (peserta) masih menunggu informasi mengenai kelulusan dan pemberian sertifikat. Namun kami semua sadar bahwa sertifikat bukanlah tujuan kami semata, melainkan ilmu dan pengalaman yang kami dapat selama pelatihan ini kami rasakan sangat bermanfaat. 

Terimakasih, 

1 comment:

  1. Selamat menjadi Guru Blogger...

    Salam SAGUSABLOG dari MEDAN.

    ReplyDelete