Sunday, May 27, 2018

Media Pembelajaran Augment Reality

Media Pembelajaran Augment Reality

Augment Reality
Pembelajaran yang baik tentu dengan perencanaan yang baik. Dalam penyusunan Rencana Pembelajaran para guru sering menemukan kesulitan dalam menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat.
Pada kali ini saya memberikan satu contoh media pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran. Menurut saya metode ini sangat cocok dengan Kurikulum K13, dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, yakni menggunakan point augment reality.

Sedikit penjelasan mengenai augment reality adalah menurut penjelasan Haller, Billinghurst, dan Thomas (2007), riset Augmented Reality bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang memperbolehkan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. (Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design).

Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus. User ataupun pengguna didalam dunia nyata tidak dapat melihat objek maya dengan mata telanjang, untuk mengidentifikasi objek dibutuhkan perantara berupa komputer dan kamera yang nantinya akan menyisipkan objek maya ke dalam dunia nyata.

Berikut ini saya tayangkan video pembelajaran menggunakan metode pembelajaran point augment reality yang sudah diimplementasikan dikelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Khoirul Huda Kota Tangerang.




Meski point augment reality yang ditampilkan masih sangat sederhana, namun alhamdulillah dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan menambah keingintahuan siswa  tentang materi yang diajarkan.  Bisa disimpulkan media belajar yang disajikan berhasil memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Nantikan pembahasan media pembelajaran selanjutnya, terima kasih.


0 Post a Comment:

Post a Comment