Wednesday, October 9, 2019

Contoh RPP Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Contoh RPP Model Pembelajaran Berbasis Masalah



Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk jenjang SMP dan yang sederajat menggunakan pendekatan ilmiah. Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam proses pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah, ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa”. Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa”. Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skill) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skill) dari peserta didik yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan,.Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik tahu “bagaimana”. 

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran yaitu menggunanakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran. Untuk mata pelajaran, materi, atau situasi tertentu sangat mungkin pendekatan ilmiah ini tidak selalu tepat diaplikasikan secara prosedural. Pada kondisi seperti ini, tentu saja proses pembelajaran harus tetap menerapkan nilai-nilai atau sifat ilmiah dan menghindari nilai-nilai atau sifat nonilmiah. 

Problem Based Learning (PBL) adalah kurikulum dan proses pembelajaran. Dalam kurikulumnya, dirancang masalah-masalah yang menuntut peserta didik mendapat pengetahuan penting, yang membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki model belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim. Proses pembelajarannya menggunakan pendekatan yang sistemik untuk memecahkan masalah atau menghadapi tantangan yang nanti diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran ini sejalan dengan proses pembelajaran yang diinginkan oleh kurikulum 2013.


Contoh RPP Model Pembelajaran Berbasis Masalah


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disajikan dalam bentuk MS.Word agar mudah diedit. 



Untuk mendapatkan file dalam bentuk ms. word silahkan download disini  


0 Post a Comment:

Post a Comment