Tuesday, March 17, 2020

Belajar ditengah Keresahan Orang Tua

Segala puji hanya milik Allah SWT.

Malam ini kelas online pertama yang kami laksanakan (kls 6 MI Khoirul Huda). Keseruan pembelajaran mengajak saya berbagi cerita tentang jalannya proses KBM yg baru pertama kami laksanakan. Sebetulnya, saya pernah mengusulkan untuk kegiatan semacam ini, namun pertimbangan orang tua siswa yang khawatir anaknya banyak bermain HP membuat kami mengurungkan program tersebut.

https://images.app.goo.gl/T7RFQm7SLa3Quom89

Dibalik negatif memang masih ada positif. Dibalik keresahan para orang tua akan wabah covid 19, masih ada waktu kami untuk tetap belajar menggali ilmu sekaligus upaya persiapan dan pematangan siswa menghadapi Ujian Nasional.

Beberapa hal positif yang dapat saya simpulkan dari pembelajaran ini adalah :

  1. Antusiasme belajar siswa yang tinggi dengan pembelajaran online, seolah mereka menemukan inilah gaya belajar anak milenial yang sarat dengan teknoligi dan keingintahuan mereka yang cukup tinggi. Dapat dibuktikan dengan dengan jumlah hit siswa menjawab soal. Siswa terdorong untuk memperbaiki nilainya sendiri tanpa ada instruksi remedial.
  2. Pendampingan dari orang tua yang saya wajibkan, membuat mereka menemukan kembali belajar didampingi oleh orang tua yang mungkin selama ini tak pernah mereka dapatkan karena kesibukan orang tua mereka masing-masing. Alhasil tercipta keluarga yang harmonis, rukun dan saling mengasihi.
  3. Menjawab keresahan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar, bisa jadi selama ini orang tua ingin membantu anaknya belajar terkendala oleh pengetahuan orang tua dalam materi pelajaran dan terkadang ada perbedaan langkah/cara mengerjakan saja membuat anak tidak setuju dan memprotes orang tua sebab si anak menilai caranya tidak sama dengan yang diajarkan gurunya disekolah. Tentu saja dalam hal ini, pendampingan dari guru sangat berperan.

Sebetulnya masih banyak hal positif yang terjadi, namun akan saya tulis dalam kesempatan berikutnya.

Tulisan ini sekedar berbagi cerita, semoga dapat diambil sisi positifnya.

Mudah-mudahan kita semua selamat dari wabah yang menyerang dan semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ,,,,

0 Post a Comment:

Post a Comment