Wednesday, July 3, 2019

Seleksi Duta Rumah Rumah Belajar

Seleksi Duta Rumah Rumah Belajar


Mengikuti Seleksi Duta Rumah Belajar yang diselenggarakan oleh Pustekom Kementerian Pendidikan Republik Indonesia 2019 menjadi pengalaman menarik tersendiri. Macam-macam cerita juga hadir dalam mengikuti kegiatan tersebut. Disini saya sedikit berbagi pengalaman saat mengikuti kegiatan tersebut, perlu strategi yang jitu dalam mengikuti kegiatan ini. Berkaca dari pengalaman yang saya alami, dimana kesibukan tugas-tugas disekolah hampir membuat saya mundur dari peserta seleksi duta rumah belajar. Sebab Kegiatan ini dilaksanakan secara online, jadi perlu mengatur jadwal belajar dan berlatih secara mandiri agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan sasaran.

Seleksi dilaksanakan dalam 4 level dimana setiap level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Saat ini saya sedang mengikuti level 2. jadi tulisan ini sengaja berisi pembahasab hanya sampai level 2 saja. Sambil menunggu kelulusan level 2 maka saya menulis disini.

Level 1

Level 1 dilaksanakan dari tanggal 20 Maret sampai 21 April 2019. Dan alhamdulillah saya bisa lulus dan menerima  sertifikat level 1 dengan baik, meski hanya sempat membaca 1 modul dari beberapa modul belajar yang disediakan. Sebaiknya sobat membaca dan mempelajari semua modul tersebut juga mengerjakan soal-soal latihannya.
Bimtek daring level 1 (Literasi TIK) merupakan tahapan pertama dalam pelaksanaan pemilihan Duta Rumah Belajar melalui program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK). Literasi teknologi merupakan tahapan mendasar yang akan mendorong dan memfasilitasi peserta menggunakan teknologi baru. Tahapan ini fokus pada pengembangan literasi teknologi guru untuk mengintegrasikan peralatan TIK ke dalam kurikulum. Hasil akhir tahap literasi ini adalah peserta bimtek mampu menguasai literasi TIK dasar, kompeten dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran untuk memberdayakan siswa agar mampu menguasai teknologi baru sebagai bekal bagi diri siswa dalam mengembangkan dirinya sebagai pembelajar sepanjang hayat.

Langkah-langkah pelaksanaan bimtek daring level 1 :

Melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
Mengikuti kelas bimtek daring yang telah disediakan
Mengunduh modul dan materi pembelajaran
Mempelajari modul dan materi pembelajaran secara mandiri
Ujian sertifikasi daring Level 1

Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 1.

Level 2 ini dilaksanakan pada tanggal 19 Juni sampai 3 Juli 2019
PembaTIK Level 2 - Implementasi

Di level 2 ini nyaris saya tidak bisa menyelesaikan kembali tugas-tugas yang diberikan. Di musim liburan sekolah yang semestinya longgar kegiatan, justru tugas datang padat merayap bak jalur puncak di akhir minggu. Namun alhamdulillah dalam sisa waktu 2 hari saya bisa melewati semua. Mengenai hasil ya tinggal berserah diri kepada Allah SWT. 

Kompetensi tahap Implementasi ini bertujuan supaya guru mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajaran untuk memberdayakan siswa sehingga mampu menerapkan pengetahuan dari mata pelajaran yang diterimanya untuk memecahkan permasalahan kompleks yang dihadapinya dalam lingkungan kerja dan masyarakat.

Sebelum mengikuti Ujian Akhir Diklat, Silakan kerjakan penugasan dan unggah ke dalam aplikasi. Tugas pada PembaTIK level 2 berjumlah 3 penugasan.

Untuk mengakses laman TUGAS, silakan klik menu TUGAS pada Materi/ Modul Tugas Akhir Pembatik Level 2 ini.

Silakan ikuti petunjuk untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas !

Seleksi Duta Rumah Rumah Belajar


Jangan lupa ! Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) PembaTIK level 2 adalah 70. Nilai KKM merupakan perpaduan dari nilai tugas sebesar 60 % dan nilai ujian akhir sebesar 40%.

Alhamdulillah,,,, hari ini saya sudah menyelesaikan ujian online dengan hasi diatas KKM yang ditentukan. Sambil berdo'a penuh harap semoga nilai tugas 1 dan tugas 3 mendapat hasil yang baik sehingga bisa melaju ke level berikutnya.
Seleksi Duta Rumah Rumah Belajar

Sampai berjumpa pada level berikutnya !
Aamiin ya Rabbal 'alamiin,,,,




0 Post a Comment:

Post a Comment