Wednesday, December 19, 2018

LDKS MTs Khoirul Huda 12-13 Desember 2018

LDKS MTs Khoirul Huda 12-13 Desember 2018
LDKS MTs Khoirul Huda 12-13 Desember 2018

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Madrasah Tsanawiyah Khoirul Huda Tahun Pelajaran 2018/2019 disajikan dalam kemasan yang berbeda dengan LDKS tahun-tahun sebelumnya. 

LDKS pada tahun pelajaran ini memilih tempat di POS TNI AL Tanjung Pasir. Pemilihan tempat dan kemasan acara dilakukan melalui rapat kerja Dewan Guru, Staft, serta Kepala Madrasah pada tanggal  25 Nopember 2018. Pada rapat tersebut dihasilkan susunan panitia, tempat acara, waktu pelaksanaan acara, hingga susunan kegiatan acara. Ditunjuk sebagai komando kegiatan adalah Bapak Muhammad Romli, S.Pd.  Dihalaman ini memuat sedikit deskripsi kegiatan LDKS tersebut, adapun untuk contoh proposal dan laporan pertanggung jawaban panitia akan diberikan pada postingan berikutnya.

Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan Apel Pelepasan Peserta LDKS dilapangan upacara MTs Khoirul Huda dengan pemimpin apel Bapak Ust. H. Sanusi, S.Ag, MM. dilanjutkan pemberangkatan peserta menggunakan kendaraan TNI AD sehingga dari awal berangkat siswa sudah merasa akan dibimbing disiplin layaknya seorang tentara. 

Tiba di POS TNI AL Tanjung Pasir pada pukul 09.30, siswa langsung menggelar Apel Pembukaan LDKS MTs Khoirul Huda yang dipimpin oleh Ust. Sukmada Abduh, S.Pd. (Kepala Madrasah) memakan waktu sekitar 30 menit. Tanpa istirahat selepas apel pembukaan, para siswa langsung mengikuti kegiatan LDKS dibawah bimbingan Serma. Ruslan (TNI-AL) hingga pukul 17.00 WIB. dengan jeda waktu istirahat, sholat, dan makan siang dari pukul 12.00 sampai 13.00.

"Kalian harus taat aturan-aturan di POSAL ini, jika ingin ke kamar kecil (Toilet) ijin terlebih dahulu ke saya" seru Serma Ruslan disela istirahat ditempat (berdiri istirahat dalam barisan). Semua peserta terlihat serius mengikuti pelatihan meski terik matahari dan panas udara pantai menyengat kulit. Ada beberapa siswa yang terpaksa menepi karena alasan kesehatan langsung dirawat oleh Bapak/Ibu guru MTs Khoirul Huda yang bersiap ditenda pleton guna melakukan tindakan keselamatan dan menjaga kesehatan fisik peserta.

Setelah melaksanakan sholat ashar semua peserta berkumpulkan dilapangan kegiatan. Pukul 17.00 kembali barisan disiapkan lalu duduk berbaris. Masing-masing peserta diberikan nasi box sebagai makan sore, disinilah keseruan puncak acara hari ini. Saat tengah asik menikmati hidangan, Serma Ruslan berseru "Kita belajar makan dialam, seandainya saat sedang makan, tetiba kita diserang binatang buas, tindakan apa yang akan kalian ambil untuk menyelamatkan diri?". Sontak semua peserta berhamburan mencari tempat yang lebih tinggi seolah betul-betul menyelamatkan diri dari binatang buas, dan kembali melanjutkan makan sore. Ketika tengah asyik menikmati santap sore, kembali Serma Ruslan memerintahkan peserta kembali ketempat semula karena binatang buas telah pergi. Dengan tawa riang semua peserta kembali kebarisan dan melanjutkan kembali santap sore.

Selesai makan sore semua peserta bubar barisan untuk melakukan persiapan sholat maghrib berjamaah. Lepas shholat maghrib berjamaah dilanjutkan pembacaan yasin, tahlil, dan ceramah dilanjutkan sholat isya berjamaah di musholah Ar rahman. Setelah itu, acara dilanjutkan pembinaan iman dan takwa diruang serbaguna yang dipimpin oleh Ust. H. Sanusi, S.Ag, MM hingga pukul 22.00 WIB. Dilanjutkan istirahat tidur malam hingga pukul 04.00 pagi.

Semua peserta dibangunkan pukul 04.00 untuk persiapan sholat subuh. Lepas sholat subuh berjamaah acara dilanjutkan Kuliah subuh oleh Ust. H. Sanusi, S.Ag, MM. Pukul 06.00 sampai 07.00 senam bersama dilanjutkan sarapan pagi menikmati nasi goreng hangat sambil menikmati segarnya udara pantai.

Cerita seru selanjutnya jalan-jalan dipantai menikmati indah sunset foto bersama, merasakan lembut hitam pasir pantai tanjung pasir, bermain air laut rasakan kesejukan pantai tanjung pasir. berikut ini album foto kegitan LDKS MTs Khoirul Huda 12-13 Desember 2018.


PubHTML5 LightBox Embed Demo






Acara dilanjutkan pukul 10.00 dengan materi manajemen kepemimpinan dengan pemateri Ibu Mimasria, M.Pd. hingga pukul 12.00 untuk melakukan Ishoma (istirahat, sholat, dan makan). Pada pukul 13.00 acara kembali dimulai dengan materi pembentukan pengurus OSIS MTs Khoirul Huda periode 2019-2020 dibawah koordinator acara para guru MTs Khoirul Huda. acara berakhir pada pukul 15.00. Setelah melaksanakan sholat ashar semua peserta berkemas, beberapa siswa yang sudah beres berkemas bermain ditepi pantai menikmati indahnya pantai seolah ingin mengucapkan salam perpisahan kepada biru laut tanjung pasir.

Pukul 16.00 Apel penutupan kegiatan LDKS dimulai, dengan pimpinan Apel Bapak Kepala Madrasah Tsanawiyah Khoirul Huda Ust. Sukmada Abduh, S.Pd. Selanjutnya semua peserta dan dewan guru meninggalkan pantai tanjung pasir menuju rumah masing-masing.

Demikian sekelumit kisah pelaksanaan LDKS MTs Khoirul Huda 12-13 Desember 2018.


0 Post a Comment:

Post a Comment